Cara Memperbaiki Kesalahan Crawler Google Adsense di Blogger

Jundi Alfaruqi

Bukan google namanya kalau enggak bikin jantung jadi was-was.


Berapa hari yang lalu saya mendapatkan notifikasi melalui aplikasi adsense (di mobile) yang berisi pesan "Ada kesalahan perayap iklan yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan".


Karena tidak terlalu paham apa maksud dari isi pesan itu jadi saya abaikan saja.


Sampai akhirnya pesan ini muncul lagi keesokan harinya dan sudah 42 URL di blog saya yang terkena peringatan.


Setelah saya cek URL yang terkena peringatan tersebut tenyata sudah tidak menampilkan iklan lagi dan tentunya mengakibatkan penghasilan Adsense dari blog utama saya jadi sedikit menurun.


Saya coba cari solusi di Internet dan tidak ada yang mencerahkan masalah ini.


Sampai pada saat saya ketemu artikel dari situs support.google.com akhirnya masalah ini bisa teratasi.


Berdasarkan pengalaman ini saya ingin berbagi cara saya mengatasi masalah ini yang mungkin saja ada kawan-kawan di luar sana yang membutuhkan informasi ini.


Dan berikut saya buatkan tutorialnya,


Langkah-langkah Mengatasi Pesan Error Kesalahan Perayap Iklan Adsense untuk Blogger


Sebelum itu saya mau tekankan bahwa cara ini hanya untuk pengguna cms blogger bukan untuk Wordpress atau CMS lainnya.


1). Buka akun adsense melalui desktop/pc/laptop

2). Untuk melihat pesan kesalahan dan halaman-halaman mana saja yang terkena dampak, silahkan pilih menu AKUN >> STATUS >> KESALAHAN CRAWLER

3). Disana akan terlihat tabel yang berisi URL situs yg Diblokir dan Kesalahan seperti ini



4). Abaikan saja isi kesalahan Masalah Hosting: Server Kelebihan Beban

Kita sudah tau web dan halaman mana yang terkana masalah kesalahan perayap sekarang kita langsung ke inti cara mengatasi masalahnya

1). Buka situs blogger yang bermasalah, saya sarankan menggunakan desktop/pc/laptop biar lebih mudah.

2). Edit file robot.txt caranya..,

Pada menu blogger di sebelah kanan, pilih SETELAN >> PEREFERENSI PENELUSURAN kemudian cari file robot.txt dibagian Perayap dan pengindeksan

3). Pada file robot.txt terdapat beberapa teks kode, silahkan hapus 2 baris kode berikut ini


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: /


Sehingga baris kode yang tinggal akan menjadi seperti ini


User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search
Sitemap: https://www.situsanda.com/sitemap.xml


4). Simpan


2 Baris kode yang dihapus diatas adalah kode hasil modifikasi yang memodifikasi file robots.txt situs untuk melarang perayap AdSense untuk mengindeks laman, sehingga google tidak dapat menayangkan iklan Google di laman tersebut.


Penjelasan lebih jelas tentang kode dan crawl google adsense bisa anda baca disini Memberikan akses ke perayap kami dalam file robot.txt


Jika sudah selesai melakukan langkah-langkah di atas anda perlu menunggu 1x24 Jam untuk melihat perubahannya seperti ini.



Pada gambar di atas terlihat pesan error sudah berhasil di perbaiki dengan munculnya notifikasi centang hijau dan keterangan terselesaikan dibawahnya.


Pesan itu saya terima 1x24 jam setelah saya melakukan perubahan di file robot.txt dan setelah saya cek, sebelumnya 42 URL yang terkena peringatan sekarang tersisa 16 URL saja dan akan berangsur-angsur hilang sendiri nantinya.

Komentar
Untuk menambahkan gambar:
[image] image_url [/image]

Untuk menambahkan blok kode:
[code] your_code [/code]

Untuk menambahkan kutipan:
[quote] your_quote [/quote]

Untuk menambahkan tautan:
[link] your_link_text | link_url [/link]
Moh. Shahibul 'Ulum Pemosting Komentar
Ini yang di copy yang mana untuk robot.txtnya kak
Jundi Alfaruqi Pemosting Komentar
User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search

Sitemap: https://www.situsanda.com/sitemap.xml
Koki super Pemosting Komentar
Saya udah lakuin diatas ,tapi muncul permintaan iklan dibatasi tadinya cm 1 situs malah sekarang jadi 12 situs, caranya gimana benerinnya
Jundi Alfaruqi Pemosting Komentar
cara di atas tidak ada hubungannya dengan permintaan pembatasan iklan adsense, cara di atas itu mengatur robot.txt agar robot perayap google bisa merayap seluruh blog kecuali kecuali label dan hasil pencarian dari kotak pencarian yg di ketik user